Kamis, 15 April 2010

Pemilihan Kepala Desa Jerukpurut

28 Maret 2010, 
Jerukpurut,Telah diadakah pesta demokrasi langsung untuk memilih Kepala Desa Jerukpurut sebagai pengganti kepala Desa yang lama yang mau berakhir masa jabatannya pada bulan April 2010 ini.
Pesta demokrasi ini berlangsung meriah, aman dan terkendali. Dengan 3 ( tiga ) Calon kepala Desa yan berhak dipilih, yakni 1. H. slamet, 2. Rokhani dan 3 Mukhtar Mustakim ( Incumben) tidak ada riak yang berarti yang mengganggu jalannya acara pemilihan Kepala Desa Jerukpurut tersebut. Kemeriahan pesta demokrasi di tingkat desa ini tidak kalah ramainya dengan pemilihan presiden. Bak atrean beras ( raskin ) masyarakat Desa Jerukpurut yang mempunya hak pilih begitu semangat dan sabar berantri guna memilih calon kepala desa yang menjadi pilihannya.

Desa Jerukpurut dengan luas + 507 Ha mempunyai hak pilih sejumlah 3.441 orang dan memiliki 6 dusun, masing-masing adalah Dusun Jerukpurut, Pojok, karangnongko, Gedang, Genengan dan Dieng. Di antara dusun tersebut Dusun Jerukpurut sendiri yang paling banyak penduduknya dan yang paling sedikit adalah penduduk dusun genengan.
Para Calon, jauh sebelum pemilihan mereka saling berebut masa, saling mempengaruhi, baik dilakukan sendiri ataupun lewat bantuan orang lain ( Jawa : cucuk ). Namun Panitia yang diketuai Drs. Sya’roni berjumlah 31 orang sadar betul terhadap situasi yang berkembang, sehingga bersama BPD ( Badan Permusyawaran Desa ) merancang tata tertib Pencalonan dan Pemilihan kepala Desa Jerukpurut terutama Pasal menyangkut aturan pemasangan gambar dan kampanye. Pemasangan Gambar yang lazim setiap pesta demokrasi, baik Pilpres, Pilkada, Pemilihan Legislatif masing calon dengan bebas memasang gambar mereka, namun pada pemilihan Kepala Desa Jerukpurut segala pemasangan gambar dan atribut disediakan dan dipasang panitia dan begitu juga aturan kampanye cuma dibatasi 1 ( satu ) hari dan itupun Cuma memaparkan Visi, dan Misi apabila para calon terpilih menjadi kepala Desa untuk 6 tahun ke depan. 

Alhasil pesta demokrasi dengan tiga calon kepala Desa Jerukpurut, akhirnya atas izin Allah dan mendapat dukungan Mayoritas rakyat desa Jerukpurut Bapak H. SLAMET menjadi calon terpilih Kepala Desa Jerukpurut dengan perolehan suara 2.429 suara , dan Bapak Rohani mendapat 535 suara dan Bapak Mukhtar Mustakim mendapat suara 246 suara, rusak 73 suara dan tidak hadir 158 suara.
 




 

Tidak ada komentar:

Zaki Naik Motor